Si Kaya dan Si Miskin

kaya-miskin.jpgPertemuan itu merupakan sebuah pertemuan biasa. Nabi Saw duduk di tempatnya dan para sahabatnya berhimpun di sekelilingnya untuk mendengarkan sabda, mutiara kata dan panduannya. Tiba-tiba seorang miskin muncul, memberikan salam pada majelis tersebut: “Salamun Alaikum. Ia mendapatkan tempat kosong lalu dengan santai duduk di tempat itu. Nabi Saw telah mengajarkan kepada mereka bahwa seluruh Muslim adalah bersaudara dan dalam sebuah majelis setiap orang dapat duduk dimana saja ia dapati tempat yang kosong untuk diduduki, tanpa memandang status sosialnya. Kini, hal tersebut terjadi. Orang miskin itu duduk bersebelahan dengan seorang kaya raya. Si orang kaya tersebut merasa risih dan menarik pakaiannya supaya orang miskin tersebut tidak menyentuh pakaiannya yang sangat mahal itu. Nabi Saw menyaksikan hal ini dan berkata kepada si orang kaya: “Barangkali engkau takut kemiskinannya akan menimpa dirimu?” Tidak wahai baginda Nabi.” Jawabnya. “Lalu mungkin engkau risau sebagian dari kekayaanmu berpindah kepadanya?” Juga tidak demikian wahai Nabi Allah.” Tukasnya. “Lalu mengapa engkau menarik diri dan pakaianmu menjauh darinya?”

Si orang kaya berkata: “Saya akui bahwa saya telah melakukan hal yang sepatutnya tidak saya lakukan.” Hal itu merupakan sebuah kesalahan dan saya akui kesalahan itu.

Sekarang untuk memperbaiki kesalahan tersebut saya akan serahkan setengah dari kekayaanku kepada saudara Muslim ini supaya saya dapat dimaafkan.” Tepat setelah orang kaya itu berkata, si miskin tersebut berdiri dan berkata: “Wahai Rasulullah, saya tidak menerima tawaran ini.” Orang-orang yang hadir takjub, mereka berpikir bahwa orang miskin ini adalah orang dungu, namun kemudian si miskin menjelaskan: “Wahai Rasulullah! Saya menolak menerima tawaran ini lantaran saya takut bahwa boleh jadi saya kemudian merasa congkak dan berlaku tidak sepatutnya kepada saudara Muslimku sebagaimana yang orang kaya ini lakukan kepadaku.” [www.wisdoms4all.com]

Tinggalkan Balasan

