Nasihat yang Menguntungkan dan Merugikan

advice.jpgSuatu hari seorang peniaga  Baghdad bersua dengan Bahlul dan berkata: “Tuan Bahlul! Berikan kepadaku nasihat ihwal apa yang harus saya beli sehingga mendatangkan keuntungan yang melimpah.”

Bahlul menjawab, “Besi dan kapas.”

Peniaga itu berlalu dan membeli banyak besi dan kapas lalu menyimpannya di gudang. Setelah beberapa bulan, ia menjual besi dan kapas itu yang mendatangkan keuntungan besar bagiinya. Pada waktu yang lain, ia berjumpa dengan Bahlul dan berkata, “Wahai Bahlul Sableng! Apa yang harus saya beli supaya mendapat keuntungan?” 

Kali ini Bahlul berkata kepadanya untuk membeli bawang dan semangka. Peniaga itu menghabiskan seluruh simpanannya untuk memborong bawang dan semangka. Beberapa hari kemudian, seluruh barang yang dibelinya itu rusak dan menyebabkan kerugian baginya. Ia segera berteriak kepada Bahlul dan berkata, “Ketika pertama kali saya meminta nasihatmu, engkau berkata supaya aku membeli besi dan kapas.

Saya banyak mendulang untung dari niaga kedua barang tersebut, namun kali kedua nasihat macam apa yang engkau berikan kepadaku! Seluruh kekayaanku ludes habis!”

Bahlul berkata, “Hari pertama engkau memanggilku sebagai Tuan (Syaikh) Bahlul, dan lantaran engkau memanggilku sebagai seorang pandai, saya menasihatimu bersadasarkan kepandaianku. Kali kedua engkau memanggilku Bahlul Sableng, aku menasihatimu laksana seorang gila memberikan nasihat. “

Peniaga itu merasa malu atas perilakunya dan kini memahami sikap Bahlul dengan baik.[www.wisdoms4all.com]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s