Menolak Tawassul=Menolak Islam

Di dalam sebagian literatur Ahlusunnah, misalnya di dalam kitab “Wafâ al-Wafâ” karya Samhudi dapat kita baca bahwa: “Meminta pertolongan dan memohon syafâ’at dari Rasulullah Saw dan dari maqam dan kepribadiannya dibolehkan. Bahkan kebolehan itu sebelum penciptaannya dan juga setelah kelahirannya, baik sebelum atau sesudah wafatnya, baik di alam barzakh ataupun di alam Kiamat. Setelah kalimat-kalimat ini, Samhudi menukil dari Umar bin Khattab sebuah riwayat ihwal tawassul nabi Adam As kepada Rasulullah Saw: “Adam berdasarkan pengetahuannya tentang penciptaan Nabi Islam di masa mendatang, berkata kepada Tuhan: “Ya Rabb! Aku bermohon kepada-Mu, demi Muhammad, ampunilah aku.” Demikian juga sebuah hadis yang lain dari sekelompok perawi Ahlusunnah di antaranya adalah Nasai dan Tirmidzi yang menukil: Seorang buta minta didoakan kesembuhan atas sakitnya oleh Rasulullah Saw. Rasulullah Saw memerintahkan kepadanya untuk berdoa: “Tuhanku! Aku bermohon kepadamu dan dengan perantara Muhammad, Nabi yang penuh kasih, aku menghadap kepada-Mu. Wahai Muhammad! Dengan perantaramu aku menghadap kepada Tuhan kiranya engkau memenuhi hajatku! Tuhanku! Jadikanlah dia sebagai penyembuhku.”
Dan dinukil dari Baihaqi bahwa pada masa pemerintahan khalifah kedua, musim kemarau berlangsung selama dua tahun. Bilal beserta beberapa orang sahabat datang ke pusara Rasulullah Saw dan berkata demikian: “Wahai Rasulullah! Pintalah hujan untuk umatmu karena (tiadanya air) mereka kini dalam kondisi sekarat..”
Karena itu, khalifah kedua Umar bin Khattab meyakini bahwa tawassul kepada Rasulullah Saw dapat dilakukan pada masa hidupnya atau setelah wafatnya. Umar bin Khattab sendiri mengamalkan tawassul ini, lantas mengapa hari ini para pengikut Muhammad bin Abdulwahab menyatakan bahwa kaum Muslimin yang bertawassul di samping pusara suci Rasulullah sebagai perbuatan syirik? jika memang demikian, maka sesuai dengan keyakinan mereka, Umar bin Khattab juga adalah musyrik? Lanjutkan membaca…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s