Benarkah Isa itu Anak Tuhan?

Dalam surah Tauhid (al-Ikhlas) disebutkan bahwa “Allah al-Shamad” (Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu, Al-Ikhlas [112]:2) “Lam yalid walam yulad” (Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, Al-Ikhlas [112]:3) Sebagian penafsir (mufassir) memandang “lam yalid walam yulad” itu adalah tafsiran dari redaksi al-shamad, Artinya, Allah itu adalah al-Shamad yakni Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.  Dari sudut pandang akal mustahil Allah yang tempat segala sesuatu bergatung kepada-Nya (Allah al-Shamad) itu memiliki sifat memperanak atau diperanakkan. Karena kelahiran sebuah entitas dari entitas lainnya merupakan dalil bahwa ia dapat dibagi-bagi dan sesuatu yang dapat dibagi-bagi adalah memiliki rangkapan (murakkab). Dengan kata lain, seseorang yang melahirkan (anak) maka ia harus memiliki bagian-bagian dan apa pun yang memiliki bagian-bagian maka ia membutuhkan pada bagian-bagiannya sendiri; karena sepanjang bagian-bagian itu tidak terhimpun dan terkumpul maka ia tidak akan pernah terwujudkan. Karena itu, anak yang terlahir dari Tuhan adalah sesuatu yang mustahil dari sudut pandang akal. Apabila kita meyakini hal ini, maka sesungguhnya kita membuat Tuhan menjadi butuh kepada sesuatu yang tentu saja tidak sesuai dengan Zat Tersucikan Tuhan. Dan sejatinya keyakinan semacam ini menandaskan bahwa Tuhan belum lagi dikenal dengan semestinya Lanjutkan Membaca..

Iklan

One comment on “Benarkah Isa itu Anak Tuhan?

  1. tuhan itu tidak dalam ruang dan waktu jd di sempurna,,,jd apbila ad yg mengatakan tuhan itu memiliki anak itu adalah suatu pemahaman yg keliru berarti tuhan itu tdk sempurna lagi klo bgitu dan klo tuhan px anak psti tuhan jg punya bapak dong aduhh,,sdh benar dlm al-quran bahwa tuhan itu tdk beranak dan tdk pula d peranakkan,,jd tuhan itu muncul dgn sendirinya tak ad yg mengetahui.
    jd,,apbila isa itu anak tuhan itu presepsi yg keliru.
    isa itu adalah orng yg d berikan wahyu oleh allah dia mempunyai bapak jg sperti manusia biasa cman bdax dia d berikan mukjizat berupa kelebihan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s