Mengapa Islam lebih banyak Tersebar di Asia ketimbang di Eropa?

Hal ini merupakan pembahasan luas yang memerlukan ruang dan waktu lain untuk mengulasnya secara tuntas dan mendalam. Namun kita dapat mencukupkan diri dengan menyatakan bahwa kelahiran dan kemunculan Islam bermula di benua Asia (Hijaz, di kota Mekah). Karena itu, penyebaran Islam juga lebih besar di Asia sebagai tempat kelahiran agama ini. Tidak tersebarnya agama Islam di Eropa boleh jadi disebabkan oleh beberapa faktor seperti, adanya perbedaan (ikhtilâf) internal di kalangan kaum Muslimin dan tidak terjelaskannya wajah indah Islam murni Muhammadi dengan baik di daerah tersebut dan lain sebagainya.

Hal ini dapat dijelaskan bahwa pasca wafatnya Rasulullah Saw, kaum Muslimin mengerahkan pasukan misalnya ke arah Timur yang dikomandoi oleh Saad bin Abi Waqqas, ke arah Syam dan Palestina yang dikomandoi oleh sekelompok orang seperti Amr bin al-Ash dan Yazid bin Abi Sufyan dan Abu Ubaidah bin Jarrah, Syarjil bin Hasana ke Palestina dan Khalid bin al-Walid ke arah Syam. Lasykar kaum Muslimin tiba di tanah Persia namun pasukan yang bergerak di Barat tidak dapat melanjutkan
eskalasi gerakan mereka lantaran Muawiyah bin Abi Sufyan pada masa pemerintahannya mengikat perjanjian dengan Barat (Roma) dan tiadanya kemajuan kaum Muslimin ke arah Barat, dikarenakan adanya perjanjian ini. Lanjutkan membaca..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s