Apakah Neraka Juga Memiliki Tingkatan-tingkatan Sebagaiman Surga?

Apa yang dapat disimpulkan dari  sebagian ayat al-Qur’an dan sebagian riwayat sehubungan dengan tingkatan-tingkatan dan derajat-derajat neraka adalah bahwa neraka juga sebagaimana surga memiliki tingkatan dan derajat yang berbeda-beda. Para pendosa berdasarkan kejahatan dan dosanya akan mendiami salah satu dari tingkatan neraka ini dan menerima azab.

Dalam sebuah riwayat terkait dengan ayat “Jahanam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka.”” (Qs. Al-Hijr [15]:44) Neraka jahannam memiliki tujuh pintu dan masing-masing dari ketujuh pintu terdapat sekelompok orang tertentu yang telah dibagi-bagi” Imam Baqir As bersabda, “Telah sampai kabar kepadaku bahwa Allah Swt membuat tujuh tingkatan neraka.”

  1. Tingkatan pertama yang merupakan tingkatan tertinggi dan puncak neraka disebut sebagai Jahim. Penghuni neraka pada tingkatan ini berdiri di atas bebatuan cadas dan tengkorak dan otak mereka mendidih lantaran panas yang amat-sangat.
  2. Tingkatan kedua  bernama Lazhi; panas api pada tingkatan ini, menguliti dan memotong tangan, kaki, dan punggung. Neraka ini akan memanggil orang-orang yang membelakangi titah Tuhan dan orang-orang yang menumpuk harta benda. Lanjutkan membaca.. 
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s